Peluang Usaha Mandiri

Monday, June 1, 2009

Membuat Boxplot dengan Minitab

Jika pada dua tulisan sebelumnya kita sudah memperkenalkan dasar-dasar boxplot dan cara membuat boxplot secara manual, maka kali ini kita akan membahas cara membuat boxplot menggunakan paket program statistik Minitab.
Untuk latihan ketikkan data umur berikut (sebanyak 11 data) pada worksheet Minitab seperti tampilan dibawah ini.


Selanjutnya Klik Stat > EDA > Boxplot. Akan muncul tampilan berikut:


Klik Umur, dan Klik Select, sehingga Variabel Umur tersebut akan terinput ke kotak Y di samping kanan (seperti terlihat pada tampilan diatas).
Pada tampilan diatas terdapat beberapa sub menu pilihan. Kita hanya akan membahas dua sub menu yang penting, yaitu Annotation dan Options.
Klik Annotation, akan muncul pilihan-pilihan Title, Footnote, Text, Data Labels, Outlier Labels, Median Labels, Mean Labels, Line, Marker, Polygon.
Diantara pilihan-pilihan tersebut, dalam pembahasan ini kita hanya akan menggunakan pilihan Outlier Labels (untuk menampilkan angka pada outlier jika ada) dan Median Labels (untuk menampilkan angka median).
Klik Outlier Labels, akan muncul tampilan berikut:


Centang pada kotak Show outlier labels. Kemudian silakan pilih jenis huruf, ukuran huruf, warnanya dan lain-lainnya dari tampilan angka outlier ini sesuai dengan keinginan. Kemudian klik OK.
Cara yang sama juga digunakan untuk menu Median Labels
Selanjutnya jika diklik pilihan Options, maka akan muncul tampilan berikut:

Jika dicentang kotak padan Transpose X and Y, maka output boxplot akan ditampilkan secara horizontal. Jika tidak, akan ditampilkan secara vertikal.

Setelah semua pilihan kita tetapkan, maka akan muncul output boxplot dari Minitab sebagai berikut:


Dari boxplot tersebut terlihat bahwa mediannya adalah 21 dan terdapat nilai outlier yaitu 34. Interpretasi lainnya dari boxplot tersebut, silakan lihat dua tulisan sebelumnya seperti yang dikemukakan pada bagian awal.

No comments:

Post a Comment

 
(c) free template